Senin, 11 Maret 2013

Tegal

Kota yang terkenal dengan Warung Tegalnya dan logat bicara yang terdengar khas sebenarnya mempunyai daerah wisata alam yang asri di Kecamatan Bumi Jawa. Dengan wilayah yang di bawah kaki Gunung Slamet membuat udara di kawasan tersebut dingin apalagi jika kita kesana pas di bulan penghujan. Wisata yang alam yang di suguhkan sangat beragam seperti air terjun, pemandian air panas Guci, Waterboom Sulaku, tempat pemancingan dan ada juga kebun teh di desa Karang Anyar. 

Bulan Januari tahun ini saya berkesempatan liburan ke Bumi Jawa dengan menggunakan kendaraan pribadi, kami satu keluarga menempuh perjalanan kurang lebih 8 jam. Tetapi jika kita menggunakan transportasi umum juga mudah rutenya karena banyak bus jurusan Purwokerto. Kenapa tidak menggunakan bus jurusan Tegal? karena jika dari yang jurusan Tegal kita akan naik angkutan umum 2 kali lagi. Tetapi jika kita naik yang jurusan Purwokerto maka kita akan berhenti di pertigaan Yomani yang di lewati oleh bus tersebut. Di pertigaan tersebut banyak elf jurusan Bumi Jawa yang sedang menunggu penumpang. Tetapi saya sarankan jika kita ingin pergi ke Bumi Jawa lebih baik memilih perjalanan di siang hari karena jika kita tiba sudah kesorean akan susah mendapatkan transportasi karena elf jurusan ke Bumi Jawa tidak sampai malam beroperasinya. 

Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi banyak sekali yang bisa kita nikmati selama perjalanan. Sebelum ke Bumi Jawa kita berhenti dulu di kawasan wisata Panti Alam Indah Tegal terlebih dahulu untuk melihat sunset dan memancing ikan. Tetapi ketika saya kesana kurang beruntung karena sedang musim hujan sehingga matahari tertutup oleh awan. Meski tertutup awan tidak mengurangi keindahan ketika melihat matahari terbenam di ufuk Barat. Setelah puas bermain di pantai dan akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju Bumi Jawa.
Setiap saya ke Bumi Jawa pasti di sempatkan untuk mencoba soto Sedap Malam yang terletak di Adiwerna dan sudah terkenal di daerah Tegal. Dengan harga yang murah kita bisa makan kenyang dengan soto yang khas dengan tulang keringnya. Soto Sedap Malam jika pas libur Idul Fitri sangat ramai dan antri karena kekhasan rasanya padahal sudah ada banyak cabang tetapi tetap saja yang paling ramai.

Setelah mengisi perut kamipun melanjutkan perjalanan di kegelapan malam. Dengan jalanan yang menanjak sungguh sensasi tersendiri apalagi jika kita belum pernah mengalaminya. Jika sudah sampai Kalibakung udara dingin sudah terasa di dalam mobil sehingga saya langsung menggunakan jaket yang sudah saya siapkan dari Tangerang. Perjalanan dari Adiwerna ke Bumi Jawa hanya membutuhkan waktu 1 jam karena jalanan yang di lewati sepi tidak seperti jalanan Jakarta yang setiap hari macet. Karena masih punya rumah keluarga di Bumi Jawa sehingga kami tidak membutuhkan penginapan.Tetapi Jika ingin mencari penginapan di Bumi Jawa juga ada Cotel yang rate harganya Rp 150.000,- Rp 600.000,- permalam dengan fasilitas lapangan tenis, kolam renang dan Outbound juga.

Melihat matahari terbit di pedesaan itu ada sensasi tersendiri terlebih ada gunung dan bukit-bukit yang tampak.



 
Di Bumi Jawa juga kita bisa melihat mata air Bulakan yang setiap tanggal 12 Rabiul Awal di jadikan tempat  untuk memandikan "Bende" yaitu berupa gong kecil yang di keramatkan. Bangunan tempat buat memandikannya sangat artistik dan di dalamnya banyak sekali terdapat paralon besi besar yang digunakan untuk mengalirkan air ke kota Tegal.

Jika kita ke Bumi Jawa di bulan Januari makan akan merasakan perubahan cuaca dalan sehari yang berubah drastis, jika di pagi hari matahari sudah berani tampak tetapi agak siang sedikit langit akan mendung dan sore harinya jika tidak hujan maka kabut akan turun dengan baunya yang khas menambah suasana pedesaan yang khas.   


Karena cuaca sangat dingin maka kami memutuskan untuk mandi di Pemandian Air Panas Guci. Perjalanan menuju ke Guci dari rumah hanya membutuhkan waktu 30 menit karena jalnan tidak macet tetapi jika pas Hari Raya Idul Fitri untuk menuju ke Guci jalanan akan macet sampai di Tuwel.



Di Guci selain kita mandi air panas ada juga kegiatan lain seperti naik kuda yang banyak di sewakan dan membeli oleh-oleh seperti sayuran yang merupakan hasil bumi penduduk setempat.

Walaupun lama perjalanan hanya 3 hari 2 malam kita sudah bisa puas mengunjungi banyak obyek wisata di daerah Bumi Jawa dan Tegal. Karena ini liburan numpang sama keluarga sehingga saya tidak mengeluarkan biaya sedikitpun alias liburan gratis.