Minggu, 19 Maret 2017

Visa Waiver Jepang

Apa itu Visa Waiver?. Untuk sebagian wistawan Indonesia tentunya masih ada yang belum jelas apa yang di maksud dengan Visa Waiver. Pada akhir tahun 2014 pemerintah Jepang telah memberikan kebijakan yang menguntungkan bagi wisatawan Indonesia dalam pengurusan Visa. Kebijakan itu adalah bebas visa atau sering di sebut Visa Waiver dengan lama tinggal 15 hari tetapi ada persyaratan yang harus di penuhi.

Persyaratan yang pertama adalah memiliki e-passpor, itulah keuntungan bagi pemilik e-passpor karena  liburan ke Jepang sangat mudah untuk pengurusan Visanya. Jika masih passpor biasa untuk pengurusan visa masih sama seperti yang dulu yaitu harus ada booking tiket, booking hotel, pas photo dan print buku tabungan dan pastinya lama proses lebih lama passpor biasa http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

Persyaratan yang kedua adalah mengisi form Visa Waiver yang bisa di unduh di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_form.PDF.

Persyaratan ketiga adalah datang langsung ke Kedutaan Jepang yang ada di Jl. MH. Thamrin Jakarta, dan pastinya gratis tanpa biaya apapun meskipun kita harus antri dari pagi. Tetapi jika ingin tidak repot bisa juga menggunakan jasa Agent Tour dan biayanya Rp 150.000 jika di Panen Tour.



Proses Visa Waiver adalah satu hari kerja, yaitu hari ini menyerahkan e-passpor dari jam 09.00 - 12.00 dan keesokan harinya sudah bisa diambil dari jam 13.30 - 15.00

Dan pastinya kelebihan dari Visa Waiver adalah kita bisa liburan sepanjang tahun tanpa pengurusan visa selama 3 tahun dengan izin tinggal 15 hari.