Ke Jepang Sepanjang Tahun, Visa Waiver Saja

Apa itu Visa Waiver?. Bagi sebagian wisatawan dari Indonesia masih ada yang belum memahami apa yang di maksud dengan Visa Waiver. Pada akhir tahun 2014 pemerintah Jepang telah memberikan kebijakan yang menguntungkan bagi wisatawan dari Indonesia dalam pengurusan Visa. Kebijakan itu adalah wisatawan dari Indonesia diberikan bebas visa yang di sebut Visa Waiver dengan lama tinggal 15 hari, tetapi masih ada persyaratan yang harus di penuhi untuk mendapatkan Visa Waiver tersebut.

Persyaratan yang pertama, wisatawan adalah pemegang paspor elektronik. Jika paspor yang dimiliki masih biasa, maka pengurusan visa masih sama seperti yang dulu yaitu harus ada booking tiket, booking hotel, pas photo dan melampirkan print 3 bulan terakhir buku tabungan sehingga proses visa lebih lama. http://www.id.emb-japan.go.jp/visa.html

Persyaratan yang kedua adalah mengisi form Visa Waiver yang bisa di unduh di http://www.id.emb-japan.go.jp/visa_waiver_form.PDF.

Persyaratan ketiga kita harus datang langsung ke Kedutaan Jepang yang ada di Jl. MH. Thamrin Jakarta, disarankan untuk datang lebih pagi supaya antrian belum begitu banyak. Tetapi bagi yang tidak ingin repot bisa juga menggunakan jasa Agent Tour dan biayanya sekitar Rp 150.000.



Proses Visa Waiver adalah satu hari kerja, yaitu jika hari ini kita menyerahkan paspor elektronik dengan jadwal penyerahan dokumen mulai dari jam 09.00 - 12.00, dan keesokan harinya sudah bisa diambil dari jam 13.30 - 15.00

Kelebihan dari Visa Waiver adalah kita bisa liburan sepanjang tahun tanpa pengurusan visa selama 5 tahun dengan izin tinggal 15 hari atau selama masa berlaku paspor habis.






Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Singkat Mengenal Bangkok dan Pattaya

Krabi Yang Mengagumkan

Sehari di Kyoto