The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Image
  After one month fasting, the Indonesian Muslims to celebrate of Eid Al-Fitr holiday. The Eid Al-Fitr has 3 F’s the meaning of for Indonesian tradition. 1.         Food “Opor ayam and Ketupat” is the classic food for the Indonesian to cooked. Every family cooked that’s foods for family members and their guests, also served many cookies. So, Indonesian always got fat after Eid Al-Fitr holiday if they not diet. 2.        Family The Eid Al-Fitr is the meaning of back to home or the popular words in Indonesian is “mudik”. Every family member who was living out from home will back to home to celebrate that’s holiday together. Tought the price of the transportation increase are all. 3.        Forgiveness Like was a baby new born is the meaning of Fitr so the Indonesian Muslims will forgiveness each other with family members, neighbors, and coworkers and ect. They are will visit the home each other for connected with. For those the tourists want to feel like an Indonesian Musli

Rinjani Yang Menggoda

Mendaki gunung adalah salah satu aktifitas alam yang sangat di minati pada masa sekarang ini. Meskipun masih banyak orang beranggapan kalau mendaki itu memiliki resiko yang tinggi dan tidak mudah untuk dilakukan. Sudah pasti aktifitas apapun memiliki resiko tetapi tergantung bagaimana kesiapan diri dan peralatan apa saja yang bisa menunjang untuk keselamatan kita. 


Di Indonesia puncak Cartenz adalah yang tertinggi dan memiliki es abadi, untuk pemula sangat tidak disarankan untuk mendakinya karena memerlukan kesiapan yang prima dan biaya yang cukup mahal. Jika memang kegiatan ini adalah yang pertama untuk mendaki, lebih baik memilih gunung yang treknya tidak begitu sulit karena bisa sekalian untuk belajar. 

Gunung Rinjani adalah pilihan tepat bagi pemula yang ingin mencoba sensasi mendaki gunung, meskipun masuk gunung tertinggi ketiga di Indonesia dan kedua untuk gunung berapi. Rinjani sangat terkenal karena memiliki danau segara anakan yang begitu indah. Jika kita menginginkan mendaki tanpa repot dengan membawa tas punggung yang berat, banyak jasa porter yang tersedia. 


Untuk trek Rinjani pasti sama seperti gunung yang lainnya yaitu menanjak tetapi ada trek yang seperti hanya tanjakan yang tidak ada ujungnya tapi itulah seni mendaki gunung. Sehingga fisik kita harus prima supaya tidak mudah cepat merasakan kelelahan saat berjalan lebih dari 8 jam menuju plawangan sembalun. Tetapi jika ada uang lebih kita bisa menggunakan jasa ojek yang akan mengantar kita sampai ke pos 2. Jangan lupa bawa topi, sunblock dan lipblam jika waktu mendaki di musim panas karena ketika di atas gunung pasti udara malam hari akan sangat dingin dan panas di siang hari.


Jika kita menggunakan jasa porter dan pemandu pastinya perjalanan akan mudah karena semua keperluan akan di siapkan oleh mereka dan kita hanya mengikuti arahan dari pemandu untuk berjalan di belakangnya. Kita tidak perlu ribet dengan mendirikan tenda, memasak dan membuat toilet darurat. Perjalanan ke punjak Rinjani akan dimulai dari desa Sembalun dan akan turun ke desa Senaru karena trek ini akan melewati danau segara anakan dan pemandian air panas. 


Melihat matahari terbit dan terbenam di atas gunung sudah pasti memiliki sensasi tersendiri dan kebahagiaan, karena untuk melihat semua itu telah melalui perjalanan yang sedikit melelahkan dan penuh drama. Untuk mencapai puncak gunung perjalanan akan di mulai dari plawangan Sembalun dan bisa menempuh waktu 2 jam tergantung cuaca dan angin. Karena jika pas musim panas udara akan dingin karena berangkat dari jam 2 pagi. Dan disertai berangin dengan trek yang berpasir pasti sangat membutuhkan konsentrasi. Meskipun begitu akan tergantikan dengan melihat semburat cahaya merah di sebelah timur.



Gunung mempunyai kisah tersendiri bagi setiap pendaki, seperti kita yang memiliki kisah.






Comments

Popular posts from this blog

Instagramable Coffee Shop In Seminyak

The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Shishi Seminyak, The Best Place for Party with Free Flow Drink on 9-11 pm