The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Image
  After one month fasting, the Indonesian Muslims to celebrate of Eid Al-Fitr holiday. The Eid Al-Fitr has 3 F’s the meaning of for Indonesian tradition. 1.         Food “Opor ayam and Ketupat” is the classic food for the Indonesian to cooked. Every family cooked that’s foods for family members and their guests, also served many cookies. So, Indonesian always got fat after Eid Al-Fitr holiday if they not diet. 2.        Family The Eid Al-Fitr is the meaning of back to home or the popular words in Indonesian is “mudik”. Every family member who was living out from home will back to home to celebrate that’s holiday together. Tought the price of the transportation increase are all. 3.        Forgiveness Like was a baby new born is the meaning of Fitr so the Indonesian Muslims will forgiveness each other with family members, neighbors, and coworkers and ect. They are will visit the home each other for connected with. For those the tourists want to feel like an Indonesian Musli

12 Jam di Kyoto

Pada postingan sebelumnya sudah di jelaskan kota tujuan selanjutnya yang akan di kunjungi adalah Kyoto dan moda transportasi yang dipilih menggunakan bus malam yang bisa di pesan secara online di https://willerexpress.com/en/. Mungkin banyak yang bertanya mengapa memilih naik bus malam bukan kereta super cepat Shinkansen yang hanya di tempuh sekitar 2 jam setengah dan pastinya akan berbeda waktu tempuhnya jika menggunakan bus malam. Alasan pertama yang menjadi pertimbangannya adalah harga tiket dan hemat biaya untuk sewa kamar hotel di Kyoto sehingga memilih menginap di bus meskipun badan merasakan lumayan cape. Dengan tanpa tiket JR Pass yang bisa di beli ketika masih di Jakarta pastinya harga tiket secara langsung pulang pergi stasiun Shinjuku ke stasiun Kyoto menggunakan kereta super cepat sangatlah mahal yaitu 28.220 yen yang jika di rupiahkan Rp 3,415,000. Padahal jika beli tiket JR Pass hanya Rp 3,300,000 untuk masa tinggal 7 hari di Jepang dan sudah termasuk tiket kereta Shinkansen. Meskipun begitu harga tiket bus malam juga tidak murah bagi kebanyakan turis dari Indonesia karena untuk pulang pergi harga tiketnya 10,140 yen yang bila dirupiahkan Rp 1,240,000 rupiah dengan nilai tukar 1 yen Rp 122 pada saat itu.



Bagaimana perjalanan bis malam di Jepang? Tentunya sangat berbeda dengan bus malam antar provinsi di Indonesia. Kebanyakan sopir bis di Jepang memakai seragam rapi dan tidak merokok di dalam bis ketika sedang menyetir. Bisnya sangat nyaman, meskipun beberapa kali berhenti di tempat istirahat seperti bis antar provinsi yang ada di Indonesia tetapi supir bus di Jepang sangat memperhatikan kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara. Setiap kali berhenti dan beristirahat bapak supir akan mengecek kembali angin, dan mengetuk pelek ban untuk meyakinkan apakah ada masalah di ban atau tidak. Lama perjalanan yang di tempuh menggunakan bis malam adalah 8 jam, sehingga akan tiba di Kyoto di pagi hari.

Transportasi apa yang nyaman dan murah untuk keliling sehari di Kyoto?. Untuk bisa menghemat dalam sehari keliling Kyoto adalah membeli tiket terusan satu hari bis kota di Kyoto, karena hanya dengan 500 yen yang dirupiahkan Rp 61,000 rupiah kita bisa keliling Kyoto sepuasnya. Sangat murah karena tiket bus kota di Kyoto meskipun jarak yang akan ditempuh dekat maupun jauh tetap sama yaitu 230 yen. Dimana lokasi membeli tiket bus terusan dalam satu hari keliling Kyoto?, tiket bisa kita beli di Stasiun Kyoto yang dekat dengan terminal bus. Untuk membantu wisatawan, ketika kita membeli tiket pihak loket akan memberikan peta gratis rute bus dan nomor busnya. Sebagian wisatawan pasti akan mengira peta transportasi bus menggunakan bahasa Inggris, tetapi ternyata hanya menggunakan huruf Kanji. Jadi nomor bus saja yang bisa di ingat dan stasiun tujuan terakhir bus. Bagaimana cara melakukan pembayaran dengan menggunakan tiket terusan?. Untuk pertama kali naik bus, ketika kita hendak turun harus masukan kartu pas tersebut terlebih dahulu di mesin samping pak supir untuk mengaktifkan kartunya. Setelah itu ambil kembali tiketnya untuk digunakan ke tujuan berikut. Setelah itu untuk perjalanan selanjutnya jika telah sampai di halte tujuan, kita hanya perlu tunjukan ke bapak supir tiket tersebut. Jangan lupa ucapkan terima kasih ketika kita turun dari bis, karena ucapan terima kasih adalah kebiasaan warga Jepang jika turun dari bis. Bagaimana cara naik kedalam bis?. Apakah sama dengan di Indonesia?. Sangat berbeda cara masuk ke dalam bis yaitu dari pintu tengah dan turunnya darii pintu depan. Semua bis di Kyoto hanya bisa terima pembayaran dengan uang pas tanpa kembalian sehingga sopir akan memberitahukan untuk menukar terlebih dahulu uang ongkos dari penumpang sebelum sampai di halte yang dituju. Untuk wisatawan yang membutuhkan peta rute dengan menggunakan bahasa Inggris supaya lebih mudah, unduh di http://inst.uno.edu/japan/docs/bus_navi_en.pdf.


Arashiyama adalah lokasi pertama yang di tuju, karena perjalanan dari stasiun Kyoto menuju kesana akan di tempuh selama satu jam dan jika masih pagi suasana disana masih belum begitu ramai oleh wisatawan sehingga lebih leluasa untuk mendapatkan spot yang bagus untuk foto. Arashiyama sebenarnya adalah kuburan warga lokal tetapi yang membuat bagus adalah adanya kebun bambu yang rapi, taman dan sungai yang airnya sangat jernih. Tetapi banyak calon pengantin yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi untuk pengambilan foto sebelum pernikahan. Bus yang dinaiki dari stasiun Kyoto adalah nomor 28 dengan jurusan Arashiyama.








Sebagai daerah yang masih memeprtahankan rumah asli Jepang seperti di drama, membuat Gion menjadi primadona ketika liburan di Kyoto. Untuk menuju ke Gion dari Arashiyama bisa naik kembali bus bernomor 28 tujuan stasiun Kyoto dan berhenti di Shijo Karasuma. Dari Shijo Karasuma kita harus menyeberang jalan terlebih dahulu untuk naik bis bernomor 46 yang akan melewati Gion. Dan di Gion inilah kita bisa menemukan dua rumah makan halal yang berdampingan sehingga bagi wisatawan muslim sangat di rekomendasikan jika ingan mencoba makan mie ramen maupun daging yakiniku yang halal. Karena ingin mencoba makan mie ramen yang terkenal bagi kalangan wisatawan tentunya saya memilih https://www.facebook.com/gionnaritaya/ tersedia juga menu nasi sehingga kita bisa makan nasi jika makan ramen masih merasa kurang kenyang. Harga satu mangkuk ramen ukuran standar 850 yen dan satu porsi nasi 500 yen. Untuk kembali ke stasiun Kyoto sebenarnya ada bus yang langsung tetapi pada saat itu busnya sedang tidak beroperasi sehingga kita harus naik bus yang melewati Shijo Karasuma kembali dan naik bus bernomor 11 menuju stasiun Kyoto.









Kuil di Fushimi Inari adalah tujuan terakhir jalan-jalan sehari di Kyoto. Untuk menuju ke Fushimi Inari dari stasiun Kyoto sangat mudah yaitu naik bus yang bernomor 105. Jangan datang disore hari jika ingin mendapatkan foto yang bagus. Karena seperti yang saya alami ketika tiba disana ternyata sudah begitu banyak wisatawan sehingga jika kita tidak begitu suka keramaian pastinya akan memilih menyingkir sehingga mengurungkan untuk naik keatas. Untuk kembali ke stasiun Kyoto karena hanya ada satu bus yang melewati Fushimi Inari sehingga sangat memudahkan wisatawan tanpa harus ganti nomor bus yang lain.







Rencana awalnya adalah akan pergi ke Osaka jika masih masih ada waktu dengan naik kereta Shinkansen karena harganya tidak begitu mahal untuk perjalanan pulang pergi dari Kyoto yaitu 6,020 yen yang jika di rupiahkan Rp 720,000 rupiah dengan waktu tempuh kurang dari satu jam. Tetapi karena waktu bergulir begitu cepat sehingga diurungkan untuk mencoba kereta Shinkansen, semoga untuk kunjungan berikutnya bisa mencobanya. Akhirnya hanya menikmati senja di stasiun Kyoto.


Liburan sendiri banyak manfaatnya karena kita akan lebih bisa menghargai diri sendiri.








Comments

  1. Moshi..moshi..mau nanya..pas brgkat ke Kyoto dg bus mlm ap?willer? Dr tokyo/shinjuku? Ap bw koper? Trs bus pass sehari kyoto brlaku smpe jam brp?ap waktu itu lgsung balik lg dg bus mlm ke tokyo/ nginap di kyoto? Maaf bnyak nanya..
    arigatou goxaimasu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik bus malam Willer dari shinjuku, tidak bawa koper karena koper dititipkan di hotel yang berada di Tokyo. Tetapi jika mau bawa koper juga bisa di titipkan di stasiun Kyoto pas sdh sampe Kyoto. One day pass bus Kyoto berlaku sampai malam dan langsung balik lagi menggunakan Willer bus dari stasiun Kyoto.

      Delete
  2. terima kasih, jangan lupa subcribe blog saya ya.

    ReplyDelete
  3. NAGAQQ | AGEN BANDARQ | BANDARQ ONLINE | ADUQ ONLINE | DOMINOQQ TERBAIK

    Yang Merupakan Agen Bandarq, Domino 99, Dan Bandar Poker Online Terpercaya di asia hadir untuk anda semua dengan permainan permainan menarik dan bonus menarik untuk anda semua

    Bonus yang diberikan NagaQQ :
    * Bonus rollingan 0.5%,setiap senin di bagikannya
    * Bonus Refferal 10% + 10%,seumur hidup
    * Bonus Jackpot, yang dapat anda dapatkan dengan mudah
    * Minimal Depo 15.000
    * Minimal WD 20.000

    Memegang Gelar atau title sebagai AGEN BANDARQ & QQ ONLINE Terbaik di masanya

    Games Yang di Hadirkan NagaQQ :
    * Poker Online
    * BandarQ
    * Domino99
    * Bandar Poker
    * Bandar66
    * Sakong
    * Capsa Susun
    * AduQ
    * Perang Bacarrat (New Game)


    Info Lebih lanjut Kunjungi :
    Website : NAGAQQ
    Facebook : Facebook
    WHATSAPP : +855967014811
    Line : Cs_nagaQQ
    TELEGRAM :+855967014811

    BACA JUGA BLOGSPORT KAMI YANG LAIN:
    agen bandarq terbaik
    Winner NagaQQ
    Daftar NagaQQ

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Instagramable Coffee Shop In Seminyak

The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Shishi Seminyak, The Best Place for Party with Free Flow Drink on 9-11 pm