The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Image
  After one month fasting, the Indonesian Muslims to celebrate of Eid Al-Fitr holiday. The Eid Al-Fitr has 3 F’s the meaning of for Indonesian tradition. 1.         Food “Opor ayam and Ketupat” is the classic food for the Indonesian to cooked. Every family cooked that’s foods for family members and their guests, also served many cookies. So, Indonesian always got fat after Eid Al-Fitr holiday if they not diet. 2.        Family The Eid Al-Fitr is the meaning of back to home or the popular words in Indonesian is “mudik”. Every family member who was living out from home will back to home to celebrate that’s holiday together. Tought the price of the transportation increase are all. 3.        Forgiveness Like was a baby new born is the meaning of Fitr so the Indonesian Muslims will forgiveness each other with family members, neighbors, and coworkers and ect. They are will visit the home each other for connected with. For those the tourists want to feel like an Indonesian Musli

Tip Bagi Yang Baru Pertama Ke Nusa Penida

Dengan luas lebih dari 200 km, dan hampir sama dengan luasnya kota Depok. Pulau Nusa Penida masih menjadi tujuan favorit wisatawan lokal dan asing. Mungkin banyak wisatawan yang mengira untuk melihat keindahan pulau Nusa Penida cukup sehari sudah bisa melihat semuanya. Dengan area yang cukup luas dan kontur jalan yang berbukit-bukit rasanya akan cukup cape jika hanya hitungan jam apalagi jika keliling menggunakan sepeda motor. Bagi yang ingin ke Nusa Penida ssebaiknya mencari info terlebih dahulu obyek wisata, transportasi dan penginapan yang cocok. Berikut adalah tip supaya liburannya ke Nusa Penida menyenangkan.



1. Kapal penyebrangan dari Sanur

Harga tiket penyebrangan dari pantai Sanur ke dermaga pulau Nusa Penida untuk wisatawan lokal dan asing berbeda dengan kisaran Rp 250,000 sampai Rp 450,000 tergantung dari operator kapalnya. Dan kalau beruntung harga bisa di tawar juga. 

2. Transportasi di Nusa Penida

Setiap ada kapal yang bersandar di pelabuhan, banyak sekali penduduk lokal yang menawarkan sepeda motornya untuk di sewa. Yang harus  pertama harus dilakukan adalah memastikan sepeda motor tersebut masih berfungsi dengan baik. Yaitu dengan cara di coba terlebih dahulu, apakah tidak ada bagian mesin yang rusak. Seperti rem, lampu, dan pendeteksi bahan bakar. Karena jalanan di Nusa Penida tidak semuanya mulus serta lampu penerangan jalan yang masih minim, sehingga kita harus berhati-hati untuk menghindari kecelakaan. Harga sewa berkisar Rp 60,000 perhari tergantung negosiasinya.

3. Penginapan

Pastikan jarak hotel atau homestay tidak jauh dari pelabuhan untuk memudahkan mencari makanan dan bagi wisatawan muslim akan mudah akses untuk beribadah di masjid Ar-Ridho, satu-satunya masjid yang ada di Nusa Penida karena masjidnya dekat dengan pelabuhan. Ada bungalow dengan pemilik lokal yaitu Sebrang Hill memiliki lokasi yang menawan dengan pemandangan matahari terbit yang indah, bungalow yang unik seperti lumbung serta memiliki kamar mandi yang cukup luas https://www.booking.com/hotel/id/sebrang-hills-bungalow.id.html



4. Tempat Wisata

Pantai-pantai yang di tawarkan di Nusa Penida adalah pantai yang berada di bawah bukit sehingga kita harus menuruni bukit yang lumayan melelahkan bagi yang tidak pernah olah raga meskipun sudah dibuatkan tangga. Jadi bagi yang berekspektasi bisa foto bagus disini harus mau cape pastinya.



5. Makanan

Harga makanan di Nusa Penida tidak beda jauh seperti di pulau Bali pada umumnya. Harga tempe sangat mahal di rumah pohon dekat Diamond Beach. Dan pastikan sudah sarapan sebelum memulai perjalanan karena jarak yang tempuh bisa lebih dari 15km. Dan selalu membawa air minum.



Yang pasti stamina harus fit kalau mau ke Nusa Penida. Supaya bisa menjelajahi semua pantai yang ada di pulau Nusa Penida. Kalau tidak ingin cape bisa sewa mobil tetapi tetap saja kalau mau ke pantai Kelingking, Atuh, Diamond harus menuruni tangga di sisi tebing. Kalau mau nyebrang ke pulau Nusa Lembongan harga tiket kapalnya Rp 20,000 untuk lokal dan Rp 50,000 untuk turis. Di Nusa Lembongan adan jembatan kuning yang menghubungkan dengan Nusa Ceningan yang bagus untuk photo.



Dengan dua hari satu malam kita bisa menyusuri indahnya pantai-pantai yang ada di Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan.





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Instagramable Coffee Shop In Seminyak

Shishi Seminyak, The Best Place for Party with Free Flow Drink on 9-11 pm