1000 Startup Digital


Untuk menumbuhkan nilai dasar pada calon founder yang mengikuti 1000 Startup Digital, pihak penyelenggara mengadakan tahap pertama yaitu Ignation yang berlangsung hari Minggu tanggal 28 Agustus 2016 bertempat di Balai Sidang Universitas Indonesia. Semua peserta yang mengikuti Ignation adalah yang lolos seleksi awal. 

Ignation bertujuan supaya para calon founder mengetahui dan belajar dari para pembicara yang merupakan founder maupun CEO dari startup yang sudah ada di Indonesia. Karena setiap akan memulai pastinya akan ada masalah baik yang berasal dari team maupun dari segi pendanaan. Sehingga setiap peserta setidaknya akan tahu masalah pertama yang harus bisa disikapi dan pada akhirnya startup bisa dibangun.

Dibuka oleh Bapak Triawan Munaf Kepala Badan Ekonomi Kreatif Indonesia yang telah memberikan informasi tentang begitu banyakanya kreatifitas anak negeri dan kebudayaan yang belum di kelola dengan baik padahal masih bisa di kembangkan sehingga bisa memiliki nilai jual seperti tari Kecak Bali. Karena startup adalah bukan sesuatu yang baru tetapi yang sudah ada dan ada kemudahan dalam mengaksesnya.

Dalam Ignation ini terbagi 5 sesi dengan pembicara dari CEO maupun founder yang telah di undang oleh pihak penyelenggara yang akan menceritakan bagaimana mereka memulai membangun startup seperti Andreas Sanjaya  yang sudah beberapa kali gagal sehingga pada akhirnya sukses dengan IGrow. Pada intinya Founder harus berani memulai dan jangan takut gagal. Karena setiap masalah pasti ada solusi seperti yang di ungkapkan oleh Yukka Harlanda yang merupakan founder Brodo. Untuk mengatasi masalah pribadi sulitnya mendapatkan sepatu yang sesuai dengan ukuran kaki dan harga yang murah di Indonesia, sehingga muncullah ide untuk mengatasi masalah tersebut dengan di bangunnya Brodo yang merupakan toko sepatu online. Seperti aplikasi Bahaso yang membantu orang lain untuk belajar bahasa asing, jadi kita tidak harus pergi ke tempat kursus bahasa untuk bisa bahasa asing.

Memulai satartup dari hobby adalah nilai tambah tersendiri bagi founder. Hanifa Ambadar salah satu dari yang punya hobby dan akhirnya menjadi bisnis berskala besar dengan Female Daily yang berawal dari sebuah blog pribadi menjadi website yang menguntungkan. Menjadi seorang founder tidak harus berasal dari lulusan Univeristas tetapi harus ada kemauan dan pengalaman serta ingat Tuhan sehingga ketika menemukan ide dapat mewujudkan ide tersebut seperti Peter Shearer sukses dengan Ar&co yang sudah membuka cabang di Singapura, Amerika dan Spanyol.

Manfaat dari adanya ignation adalah calon founder diajak untuk berfikir dan menemukan ide yang nantinya bisa bermanfaat untuk menyelesaikan masalah yang ada, sebelum masuk ke tahap workshop, hackathon, bootcamp dan incubation. Sehingga peserta akan mempunyai motivasi dan tujuan yang pasti untuk membangun sebuah startup. Dan Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia 2020 seperti yang di harapkan dengan adanya 1000 startup digital. 


Postingan populer dari blog ini

Perjalanan Singkat Mengenal Bangkok dan Pattaya

2 hari 1 malam di Krabi

Taman Wisata Alam Mangrove Pantai Indah Kapuk Jakarta