The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Image
  After one month fasting, the Indonesian Muslims to celebrate of Eid Al-Fitr holiday. The Eid Al-Fitr has 3 F’s the meaning of for Indonesian tradition. 1.         Food “Opor ayam and Ketupat” is the classic food for the Indonesian to cooked. Every family cooked that’s foods for family members and their guests, also served many cookies. So, Indonesian always got fat after Eid Al-Fitr holiday if they not diet. 2.        Family The Eid Al-Fitr is the meaning of back to home or the popular words in Indonesian is “mudik”. Every family member who was living out from home will back to home to celebrate that’s holiday together. Tought the price of the transportation increase are all. 3.        Forgiveness Like was a baby new born is the meaning of Fitr so the Indonesian Muslims will forgiveness each other with family members, neighbors, and coworkers and ect. They are will visit the home each other for connected with. For those the tourists want to feel like an Indonesian Musli

Ademnya Kebun Raya Bedugul

Mungkin bagi sebagian wisatawan dari luar Bali masih ada yang belum tahu keberadaan kebun raya terbesar di Indonesia yang berlokasi di Candikuning Bedugul. Yang memiliki lahan seluas 157.5 hektar dan berada di ketinggian sekitar 1.450 mdpl.

Bagi wisatwan pecinta wisata alam wajib untuk berkunjung dan mengelilingi kebun raya ini. Berjarak sekitar 60km dari bandara internasional I Gusti Ngurah Rai, waktu yang akan di tempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda empat. Harga tiket masuknya juga terbilang murah, wisatawan lokal Rp 9.000 dan wisatawan asing Rp 17.000 harga tersebut sudah termasuk asuransi. Untuk tiket pakir kendaraan tergantung dengan jenis kendaraan yang wisatawan gunakan untuk berkunjung ke kebun raya, kendaraan roda dua Rp 3.000 dan kendaraan roda empat Rp 6.000.

Fasilitas yang di sediakan oleh pengelola kebun raya ini sudah cukup memadai. Bagi wisatawan yang beragama Islam bisa melaksanakan shalat di mushalla, meskipun mushallanya terkadang pintunya terkunci. Toilet juga mudah di temukan karena tersebar di beberapa tempat, dan tingkat kebersihannya sudah termasuk kategori bersih untuk ukuran standar kebersihan toilet umum.

Kebun Raya Eka Karya sangat cocok untuk piknik keluarga karena kita bisa duduk di tengah-tengah lapangan luas dengan sisi kanan kirinya di kelilingi pohon besar dengan daun yang rindang. Apalagi udara Bedugul sangat sejuk dan terkesan dingin sehingga bisa merileksasi pikiran yang stress dengan pekerjaan. Dan nantinya wisatawan akan merasa tenang dengan menikmati hawa sejuk pegunungan bersama keluarga tercinta sambil makan bekal makanan yang dibawa dari rumah.

Ada beberapa lokasi pembudidayaan tanaman langka yang bisa menjadi alternatif aktifitas wisatawan yang bisa di kunjungi secara gratis tanpa harus membayar tiket masuk, seperti pembudidayaan tanaman kaktus dan bunga anggrek hutan dari wilayah timur Indonesia. Dan masih banyak lagi koleksi tanaman yang di budidayakan oleh kebun raya Bedugul. Bagi yang ingin foto session sebelum nikah, kebun raya Bedugul sangat cocok, karena memiliki tanah lapang yang cukup luas dan berada di tengah-tengah dengan di tumbuhi rumput hijau dan setiap hari di rawat oleh petugas kebun raya yang banyak tumbuh pohon – pohon besar.

Ada juga fasilitas khusus bagi yang menyukai olahraga, seperti lapangan sepak bola yang cukup layak untuk di gunakan oleh wisatawan yang berkunjung dengan teman-teman dan ingin melakukan permainan yang seru. Dan bagi wisatawan yang ingin merasakan pengalaman berbeda, bisa mencoba permainan di Bali Treetop Adventure yang berada di dalam kawasan kebun raya Bedugul dengan harga tiket masuk $25 bagi wisatawan dewasa dan $16 bagi anak-anak. Ada juga harga paket keluarga sebesar $65 yang bisa digunakan oleh dua orang dewasa dan dua orang anak, dari semua harga tersebut sudah termasuk satu botol air mineral dan asuransi. Mungkin permainan Bali Treetop Adventure sangat cocok untuk acara gathering kantor, karena sedikit memacu adrenalin dan kesabaran.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di kebun raya, pihak pengelola menyediakan beberapa guest house yang bisa di sewa oleh. Dengan menginap di kawasan kebun raya, wisatawan akan lebih merasa hidup berdampingan dengan alam karena bisa mendengar suara binatang yang hidup di dalam kawasan hutan lindung di pagi hari. Bagi wisatawan yang suka bercocok tanam di rumah bisa membeli bibit tanaman sebagai cinderamata.


Comments

Popular posts from this blog

The 3 F’s of Eid Al-Fitr in Indonesia

Instagramable Coffee Shop In Seminyak

Shishi Seminyak, The Best Place for Party with Free Flow Drink on 9-11 pm